LISTRIK PADA PERAYAAN IDUL ADHA DI JABAR AMAN, PLN SIAGA 24 JAM

Bandung (BRS) – Dalam menjaga keamananan dan keandalan pasokan listrik saat perayaan Idul Adha 1444 H dan libur panjang, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat (Jabar), menyiagakan personil dan infrastruktur pendukung selama 24 jam.

Untuk memastikan kesiagaan tersebut, PLN UID Jabar telah melaksanakan Gelar Pasukan dan Peralatan secara serentak di seluruh wilayah unit kerja PLN UID Jabar, Selasa (27/6/2023) lalu.

“Idul Adha kali ini bertepatan dengan hari libur anak sekolah dan cuti bersama, Oleh karena itu, agar masyarakat dapat merayakan Idul Adha sekaligus liburan dengan nyaman dan aman, kami memastikan kesiapsiagaan petugas, pasokan listrik dan peralatan pendukung dalam melayani pelanggan,” ucap General Manager PLN UID jabar, Susiana Mutia di Bandung, Rabu (28/6/2023).

Susiana mengatakan, masa siaga PLN untuk Idul Adha 2023 ditetapkan mulai 27 Juni 2023 sampai 2 Juli 2023.

Sebelum masa siaga, PLN UID Jabar telah melakukan inspeksi jaringan listrik, menyiagakan personel, melakukan pemeliharaan kubikel dan busbar 20 kV Gardu Induk, pemeliharaan penyulang serta menyiapkan material cadangan.

Untuk siaga, PLN UID Jabar menyiagakan 4.073 petugas terdiri dari petugas pelayanan Teknik (Yantek) dan personil siaga.

Susiana menambahkan, sarana pendukung yang disiapkan 707 Unit Kendaraan (434 mobil dan 273 motor), 93 Buah Genset, 13 unit UPS, 125 Unit Gardu Bergerak dan 3 Unit Mobil Deteksi.

“Pasokan sistem kelistrikan Jawa Barat pada umumnya dalam kondisi aman, dengan daya mampu yang lebih besar daripada pemakaian,” ungkap Susiana.

Menurutnya, perkiraan beban puncak Idul Adha di siang hari yaitu 6.206 MW, naik 131 MW (2,11%) dibandingkan beban tahun lalu. Sedangkan perkiraan di malam hari mencapai 6.748 MW, naik 262 MW (3,88%) dibandingkan tahun lalu.

Selain mengantisipasi kesiagaan pasokan listrik dikarenakan momen libur sekolah dan cuti bersama, PLN UID Jabar juga telah menyiagakan dan menyiapkan skenario antisipatif bagi lokasi-lokasi penting tempat penyelenggaraan Sholat Idul Adha, Rumah Sakit, pusat pelayanan publik, dan sebagainya.

“Insya Allah pasokan mencukupi. PLN UID Jabar akan berusaha memberikan kehandalan kelistrikan yang baik bagi seluruh pelanggan,” pungkas Susiana.

Adapun bila masyarakat ingin mendapatkan informasi atau pengaduan terkait ketenagalistrkan, PLN mengajak masyarakat menggunakan aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh melalui Appstore dan Playstore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *