KERETA PENGANGKUT BATU ANJLOK DI KADUNGORA GARUT. SEJUMLAH PERJALANAN KERETA TERHAMBAT

UMUM98 views

Bandung (BRS) – Terjadi pada pukul 14.42 WIB, kereta pengangkut batu balas anjlok di Km 202+645 emplasemen Stasiun Leles arah Lebak Jero atau perlintasan kereta di Kadungora Kabupaten Garut, tepatnya di perlintasan JPL No. 213, Senin (11/4).

Anjloknya dua gerbong Kereta Luar Biasa (KLB) Dinas D2/11265 ini sempat memacetkan arus lalu lintas ini segera mendapat penanganan dengan mengevakuasi dan menarik gerbong yang anjlok tersebut.

“PT KAI Daop 2 Bandung memohon maaf yang sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi, karena anjloknya kereta api pengangkut barang di perlintasan kereta api Kadungora Kabupaten Garut,” ucap Manager Humas Daop 2 Kuswardoyo dalam siaran pers yang diterima Redaksi, Senin (11/4/2022).

“Iya, sempat menghalangi jalan dan menimbulkan kemacetan lalu lintas, namun gerbong kereta api itu sudah mulai dievakuasi,” ungkapnya.

Kuswardoyo menuturkan, Kereta Luar Biasa (KLB) ini merupakan rangkaian kereta api yang tidak diperuntukkan bagi penumpang kereta api, melainkan rangkaian kereta api yang membawa batu balas sebagai bagian kebutuhan prasarana kereta api.

“Saat ini, kami dari tim Daop 2 Bandung, sudah melakukan evakuasi terhadap gerbong yang anjlok dengan mengirim bantuan lokomotif dan kereta penolong untuk menarik gerbong,” ungkap Kuswardoyo.

“Pada pukul 15.22 WIB, satu dari 2 gerbong yang anjlog sudah dapat dievakuasi, sementara satu gerbong lainnya berhasil dievakuasi pada pukul 17.30 WIB,” jelas Kuswardoyo.

Setelah selesai evakuasi, lanjut Kuswardoyo, langsung dilakukan normalisasi lintasan jalur KA dan selanjutnya, setelah jalur dinyatakan aman, maka kereta dapat dioperasikan kembali.

Kuswardoyo juga menjelaskan, selama proses evakuasi tersebut, terdapat kereta api (KA) yang tertahan diantaranya:

– PLB 159B Lodaya relasi Solo Balapan menuju Stasiun Bandung, yang tertahan di Stasiun Cibatu.

– PLB 5C Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng menuju Stasiun Bandung, yang tertahan di Stasiun Cibatu

– PLB 311A Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo menuju Stasiun Kiaraconding, yang tertahan Cipendeuy.

“Sekali lagi PT KAI Daop 2 Bandung memohon maaf yang sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang diakibatkan gangguan perjalanan KA tersebut. Saat ini tim Daop 2 Bandung masih terus melakukan normalisasi jalur, sehingga diharapkan perjalanan KA bisa kembali normal,” tutup Kuswardoyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *