AS Kecam Keras Uji Coba Nuklir Korut

[ad_1]

d921012c-c2d8-4662-8c85-17c53295cf62_169

Pemerintah Amerika Serikat mengecam keras uji coba nuklir yang baru saja dilakukan Korea Utara (Korut). Washington bertekad akan merespons sebagaimana mestinya atas tindakan Korut yang disebutnya sebagai “provokasi.”

Hal ini disampaikan Washington menyusul pengumuman Korut bahwa pihaknya berhasil melakukan uji coba bom hidrogen hari ini. Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Ned Price menyerukan Korut untuk mematuhi kewajiban internasionalnya.

“Meski kami tak bisa mengkonfirmasi klaim tersebut saat ini, kami mengecam setiap pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB dan kembali menyerukan Korut untuk mematuhi kewajiban internasional dan komitmennya,” ujar Price seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (6/1/2016).

Diimbuhkannya, pemerintah AS akan merespons sebagaimana mestinya atas setiap provokasi Korut.

Uji coba bom hidrogen Korut ini, jika terkonfirmasi, akan menjadi satu langkah maju yang mengesankan dalam pengembangan nuklir negeri komunis itu.

“Uji coba bom hidrogen pertama Republik ini telah berhasil dilakukan pada pukul 10.00, 6 Januari 2016, berdasarkan tekad strategis Partai Pekerja (partai berkuasa di Korut-red),” demikian diumumkan seorang pembaca berita di stasiun televisi pemerintah Korut.

“Dengan keberhasilan sempurna bom-H bersejarah kami, kami telah sejajar dengan negara-negara nuklir canggih,” demikian disampaikan.

Ditegaskan, pemerintah Pyongyang akan terus mengembangkan kemampuan nuklir canggihnya. “Selama kebijakan anti-Korut yang kejam dari Amerika Serikat terus berlangsung, kami tak akan pernah menghentikan pengembangan program nuklir kami,” demikian disampaikan Korut.

(ita/ita)
Sumber : Detik.com

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *