oleh

ALASAN ORANG INDONESIA BEROBAT KE MALAYSIA

Bandung (BRS) – Lebih dari 50 persen warga negara Indonesia datang dan berobat ke Sunway Medical Centre di Malaysia.

“Nomor satu pasien kami berasal dari Indonesia. Secara total ada 170 negara yang datang berobat ke kami, tapi Indonesia yang nomor sau,” kata Assistant Director International Business Development Sunway Healthcare, Faith Tang di Bandung, Kamis (31/3/2022).

“Meski di tengah situasi pandemi, kata Faith, Malaysia tetap menjadi negara pilihan para wisatawan medis dari Indonesia karena keberhasilannya dalam memberikan kualitas berkelas dunia, mudah diakses, terjangkau, serta perawatan secara menyeluruh yang prima dan lancar.

Diketahui, pascapandemi, RS Sunway Medical Center kembali membuka layanannya seiring dengan dibukanya Malaysia untuk wisata termasuk demi tujuan berobat.

“Per 1 April 2022, turis atau pasien yang datang ke kami harus sudah menjalani vaksin lengkap, harus sudah sampai vaksin ke tiga atau booster,” kata Faith.

Selain itu, Faith Tang juga mengatakan, setidaknya ada tiga alasan utama mengapa banyak warga negara Indonesia yang lebih memilih berobat ke rumah sakit di Malaysia, seperti ke Sunway Medical Centre di Kuala Lumpur dan Penang.

“Pertama biaya layanan medis di kami jauh lebih murah tiga kali lipat dibandingkan dengan Singapura. Walaupun lebih murah tapi kualitasnya sama,” kata Faith.

Alasan kedua adalah faktor bahasa antara Malaysia dan Indonesia yakni Melayu.

“Selain alasan jaraknya yang relatif dekat, faktor bahasa yang sama juga membuat banyak orang Indonesia berobat ke sini. Lalu saat harus tinggal di Malaysia untuk berobat, orang Indonesia tidak susah mencari makanan halal dan hotel yang murah,” kata dia.

 

Selain itu, lanjut Tang, faktor alat-alat medis yang canggih dan lengkap yang dimiliki Sunway Medical Centre, Malaysia menjadi alasan ketiga yang membuat orang Indonesia mau berobat ke sana.

Lebih lanjut Tang menuturkan pandemi COVID-19 telah mengajarkan semua orang untuk memeriksa kembali prioritas kesehatan.

Dengan dibukanya kembali perbatasan Malaysia per hari ini, Tang meluncurkan beberapa inisiatif seperti paket wisata medis 3D2N dan paket skrining kanker untuk mendorong orang melakukan pemeriksaan awal dan lengkap.

Deteksi dini adalah kunci untuk pencegahan penyakit. Kesehatan adalah kekayaan.

“Sunway Medical Centre adalah rumah sakit pertama di Malaysia yang meraih Sertifikasi Kesesuaian COVID-19 GHA untuk para turisĀ  medis (GHA’s COVID-19 Certification of Conformance for Medical Travelers),” tutup Faith Tang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed