oleh

RIDWAN KAMIL BERHARAP SUNGAI DI BANDUNG TAHUN DEPAN, SUDAH BERSIH

[ad_1]

image

Dari 46 sungai dan anak sungai yang ada di Kota Bandung, hanya beberapa saja yang kondisinya bersih. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun berharap penuh agar seluruh sungai di Kota Bandung di tahun 2016 mendatang lebih bersih dan beradab.

“Saya titip, seluruh sungai di Bandung tahun depan harus lebih bersih. Dan itu bisa dimulai dengan merubah pola pikir, jangan buang sampah sembarangan,” pesan pria yang akrab disapa Emil itu, di Kampus SMK Kencana, Jln. Babakan Surabaya, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung, Minggu (29/11/2015).

Emil berbicara dihadapan ratusan siswi SMK Kencana, pegiat lingkungan, serta warga sekitar. Tak cuma itu, ikut hadir pula puluhan peserta Workshop ‘Babarengan Bebenah Sungai Cicadas’. Sungai Cicadas yang berada di seberang Kampus SMK Kencana, menjadi percontohan sungai bersih untuk kawasan permukiman.

Soal pola pikir membuang sampah, Emil menyinggung kondisi di beberapa negara maju, seperti Jepang dan Australia. Disana, katanya, masyarakat sudah lebih paham soal sampah dan tak pernah membuang sampah sembarangan.

“Seperti di Australian disana tidak ada tempat sampah (di ruang publik). Disana pemahaman lebih canggih, bahwa sampah itu harus dibawa dan dibuang di (tempat sampah) rumah,” terangnya.

Emil meminta kepada masyarakat Kota Bandung, khususnya yang rumahnya dekat dengan aliran sungai, untuk selalu menjaga sungai dengan baik. Ia tak ingin ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai.

“Cintai Bandung seperti kita mencintai ibu sendiri. Kalau kita merusak, berarti kita merusak ibu kita sendiri,” tutur Emil kembali berpesan.

Tokoh masyarakat sekitar, Rohadji Trie mengatakan, peran aktif masyarakat dalam menjaga sungai saat ini mulai membaik. Ia mencontohkan warga sekitar aliran Sungai Cicadas yang mulai sering melakukan perawatan.

“Sekarang relatif warga mulai kondusif dan suka adanya sungai. Mereka juga mulai lakukan perawatan. Sungai Cicadas ini panjangnya sekitar 2 kilometer mulai dari Jalan Jakarta sampai patung macan (Babakan Sari). Harapan kami, sungai ini bisa (bersih) seperti sungai di kawasan Wastukancana,” terang Trie.

Dalam kegiatan itu, selain memberi wejangan, Emil bersama pejabat Pemkot Bandung lainnya meninjau langsung kondisi Sungai Cicadas yang sudah mulai bersih. Emil juga menabur beberapa kantong ikan lele dan nila ke sungai, untuk dipancing oleh warga sekaligus menandakan jika kualitas air Sungai Cicadas cukup aman untuk ikan. (Galamedia)

Sumber : PRFM

 

©  Bandung Juara

[ad_2]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed