oleh

GATE BALLGateball, Olahraga Perpaduan Antara Golf dan Catur.

Gateball dimainkan di sebidang lapangan persegi panjang berukuran 15 x 20 meter. Waktu permainan berlangsung selama 30 menit.

Gateball bisa dimainkan satu lawan satu, dua lawan dua, tiga lawan tiga, dan lima lawan lim.

Sejarahnya

Berbagai jenis olah raga dinikmati di seluruh dunia. Namun, tidak banyak yang menggabungkan antara kompetisi dan sebagai hiburan bagi semua orang baik tua maupun muda. Gate ball dapat dinikmati oleh laki-laki maupun peremuan dari semua generasi, oleh karena itu gate ball disebut juga olah raga tanpa batas (barrier-free sport).

Gateball ditemukan pada tahun 1947 di kota kecil Memuro, di Hokkaido, Jepang. Eiji Suzuki adalah pencipta olahraga populer ini. Di tengah-tengah kekacauan setelah Perang Dunia II, ia ingin memberi sesuatu yang sederhana untuk anak-anak miskin yang tidak mempunyai mainan. Olahraga baru ini, diilhami dari permainan barat “croquet” (permainan bola kayu), sejak itu gateball menyebar di sluruh Jepang.

Gateball kini telah dapat dinikmati di seluruh dunia berkat usaha dan promosi emigran Jepang, pemerintah, penggemar dan pabrikan olah raga. Begitu pula telah tersebar melalui pertukaran antar organisasi dan tour yang diorganisir oleh agen perjalanan untuk memperkenalkan olah raga ini ke luar negeri. Sesungguhnya, saat ini gateball dimainkan di lebih 30 negara dan daerah oleh lebih dari 10 juta orang. Semakin hari penggemarnya semakin meningkat.

Peranan permainan gateball saat ini semakin besar. Contohnya, pada banyak negara, populasi lanjut usia sudah menjadi problem nyata, tetapi gateball dapat menjadi sumber kebahagian seumur hidup untuk orang yang lanjut usia. Lebih dari itu, gateball memberi suatu kontribusi penting bagi pengembangan persahabatan internasional antar manusia, melebihi batasan nasional dan perbedaan budaya. Inilah suatu kontribusi yang terus meningkat bagi masyarakat global.

Gateball masa kini adalah suatu jenis olahraga yang dapat dimainkan dengan mudah, di manapun berada dan dengan siapapun. Perhimpunan gateball dunia berharap dapat memperkenalkan atraksi olah raga internaional yang santai ini dan membantu mereka meahami potensi masa depannya.

Di Bali

Olahraga Gateball di Bali, sejarahnya dimulai tahun 1995. Persatuan Olahraga Gateball Bali, pada tahun 1995 dulu, merupakan anggota ke-14 di dunia setelah Jepang, Cina, Thailand, Korea, AS, Kanada, Kalifornia, Singapura, dan Hawaii. Adapun Bali merupakan daerah pertama kehadiran Gateball di Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed