oleh

5 KOTA MENARIK DI INDONESIA YANG BISA JADI PILIHAN CITYCATION

Jakarta (BRS) – Traveling tidak melulu soal mengunjungi destinasi wisata alam atau berkunjung ke negeri orang. Banyak cara dan tempat untuk melakukan traveling, salah satunya adalah citycation.

Pada dasarnya, citycation berasal dari dua kata yaitu city dan staycation, yang artinya melakukan staycation atau menginap di akomodasi di suatu kota tertentu. Kegiatan ini bisa dilakukan untuk menghibur diri dan menghilang sejenak dari rutinitas harian. Pilihan liburan ini cenderung lebih aman di masa PPKM seperti saat ini dan juga bisa mendongkrak perekonomian domestik.

Di Indonesia ada banyak kota besar dan menarik yang bisa kamu kunjungi untuk citycation dengan tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar aman dan nyaman di tengah pandemi Covid-19 ini.

Simak di bawah ini kota mana saja yang bisa kamu jadikan pilihan:

1. Jakarta

Kota yang satu ini tidak mungkin tidak ada dalam daftar kota yang bisa dikunjungi untuk citycation. Sebagai ibu kota negara dan kota terbesar di Indonesia, tentu banyak hal yang ditawarkan untuk membuat liburan kamu terasa menyenangkan. Di saat pandemi seperti ini, ada banyak ruang terbuka di Jakarta yang aman seperti Hutan Gelora Bung Karno dan Taman Kota Tebet. Berbagai kuliner lokal dan mancanegara, tersedia di Jakarta yang bisa kamu kunjungi langsung atau pesan melalui platform daring. Berbagai macam penginapan juga tersedia yang bisa dikondisikan dengan kebutuhan kamu. Agar bisa mempunyai pengalaman staycation yang tak terlupakan.

2. Cirebon

Bisa dibilang Cirebon menjadi kota yang agak jarang menjadi tempat pilihan untuk berlibur. Namun, kamu harus sekali-sekali mencoba menikmati hari santai di Cirebon yang lokasinya tidak jauh dari Jakarta. Kota Cirebon ini dikenal dengan wisata religi karena pernah menjadi pusat penyebaran agama Islam dan meninggalkan hal-hal bersejarah di sana. Saat di Cirebon, kamu juga bisa mencoba berbagai macam kuliner yang ada seperti Empal Gentong, Ketan Ebi, dan Nasi Jamblang.

3. Bandung

Kota terdekat dari Jakarta lainnya adalah Bandung. Ya, Kota ini sudah menjadi langganan untuk berlibur jika waktu liburan sangat terbatas. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini mempunyai banyak julukan seperti Kota Kembang, Paris Van Java, dan Bandung Lautan Api, yang semuanya mempunyai ceritanya tersendiri. Misalnya sebutan Paris Van Java yang datang karena Bandung pada masanya mempunyai banyak toko pakaian di Jalan Braga, yang produknya diimpor dari Paris, dan menjadikan Bandung sebagai kota mode di Indonesia. Selain itu, Bandung juga dikenal dengan banyaknya jajanan yang murah, tetapi dapat memanjakan lidah, sebut saja Mie Kocok, Seblak, Batagor, dan masih banyak lainnya.

4. Surabaya

Kota selanjutnya adalah kota pahlawan dan kota terbesar kedua di Indonesia. Sejarah aksi heroik masyarakat Surabaya melawan Sekutu pada 10 November 1945 selalu menjadi kenangan tersendiri untuk kota ini. Surabaya sendiri termasuk kota yang sudah maju dengan berbagai fasilitas yang ada, sehingga staycation di kota ini akan terasa nyaman. Surabaya memiliki banyak pusat perbelanjaan yang saat ini bisa kamu kunjungi dengan protokol kesehatan yang lengkap. Bahkan dua mall terbesar di Indonesia, Mal Pakuwon Surabaya dan Tunjungan Plaza Surabaya, berada di kota ini.

5. Medan

Sesekali kamu harus mencoba kota di pulau lain selain jawa. Salah satunya adalah Medan, ibu kota terbesar di Sumatera dan kota ketiga terbesar di Indonesia. Kota Medan juga terkenal sebagai kota multi etnis karena populasinya yang beragam. Mulai dari Batak, Melayu, Jawa, Minang, Aceh, hingga India dan Cina. Banyak tempat bersejarah yang bisa kamu cari tahu untuk dikunjungi seperti Istana Maimoon, Museum Negeri Sumatera Utara, dan Kampung Keling. Sama seperti kota lainnya, Medan juga menyimpan banyak makanan khas yang patut untuk dicicipi, misalnya Mie Gomak, Soto Medan, Bika Ambon, dan Laksa Medan.

Citycation bisa menjadi pilihan untuk berlibur sejenak dari penatnya rutinitas selama di rumah. Kamu bisa menjadikan kota-kota di atas sebagai pilihan tujuan berlibur. Namun, jangan lupa untuk menjaga protokol kesehatan di manapun dan kapan pun kamu berada. Kamu juga harus memastikan akomodasi yang kamu tempati untuk staycation sudah melakukan protokol kesehatan dengan benar, sehingga kamu bisa berlibur dengan aman dan nyaman.

Hotel yang sudah terbukti dengan keamanan dan kenyamanannya adalah SANS Hotel oleh RedDoorz. Untuk memastikan kesehatan para staf hotel dan pelanggan, SANS Hotel telah mengimplementasikan HygienePass, program sertifikasi yang diinisiasi RedDoorz dan mitra propertinya dan bekerja sama dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Sertifikasi HygienePass terbuka untuk seluruh pemilik bisnis hotel di Indonesia, terlepas dari asosiasi merek apa pun, guna menetapkan standar kebersihan di seluruh industri perhotelan dan menekan angka penyebaran Covid-19 di klaster hotel. Saat ini, sudah lebih dari 700 properti RedDoorz, termasuk SANS Hotel, di 70 kota di Indonesia telah memperoleh sertifikasi HygienePass.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed